Penelitian terbaru berupaya mencari tahu alasan di balik seseorang melakukan perselingkuhan lewat kuesioner berbasis internet. Dipublikasikan oleh The Journal of Sex Research, 495 orang dewasa ditanya tentang pengalaman berselingkuh.

Hasilnya, mayoritas mengungkapkan mereka selingkuh karena belum puas dengan hubungan yang ada, diabaikan oleh pasangan, sering bertengkar, atau tertarik dengan orang lain.

Kuesioner itu juga mengungkap alasan lain, seperti tak lagi punya rasa cinta terhadap pasangan, tak lagi dihormati pasangan, ingin meningkatkan popularitas, mengejar pengalaman seks yang lebih hebat, hingga mabuk.

Mereka yang menjawab berselingkuh karena mabuk beralasan tak bisa berpikir jernih saat itu, hingga perselingkuhan terjadi.

Perselingkuhan tak sekadar berkaitan dengan cinta (atau pudarnya cinta) pada sepasang kekasih. Namun juga lebih kepada bagaimana perasaan seseorang yang berselingkuh tersebut pada dirinya atau situasi apa saja yang membuat mereka melakukan hal itu.

“Keliru jika kita menyimpulkan bahwa alasan di balik perselingkuhan sama dengan kurangnya kualitas pada hubungan utama,” jelas salah seorang peneliti.

Lalu, faktor apa lagi yang membuat perbedaan? Mereka yang kurang berhati-hati cenderung lebih mudah berselingkuh. Sama seperti orang yang punya kegelisahan dalam keterikatan.

Merasa tidak nyaman, tidak aman (insecure) dalam sebuah ikatan adalah sumber dari ketidakbahagiaan dan kerap merasa tak puas dengan hubungan yang ada. Kondisi ini akan mendorong kita mencari kenyamanan di tempat lain.

Di samping itu, bisa saja mereka melakukannya untuk menaikkan rasa percaya diri.

Para peneliti juga menemukan bahwa semua alasan yang pernah kita dengar soal selingkuh adalah benar. Laki-laki melakukannya atas dasar seksual, sedang perempuan karena merasa kebutuhan batin mereka tak terpenuhi dalam sebuah hubungan.

 (kompas)

Ratudetektif.com menghindari tuduhan tak mendasar pada kasus perselingkuhan.  Menurut pengalaman kami, pasangan yang tidak berselingkuh namun terus-menerus dituduh berselingkuh adalah pasangan yang paling berpotensi melakukan perselingkuhan.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *